Vinton Sempurna, Garuda Tekuk Satya Wacana

Pertahanan Garuda Kukar Bandung masih menjadi yang terbaik sejauh ini. Dari total 19 laga yang telah dilalui, Garuda rata-rata hanya kemasukan 51 poin. Ketika menghadapi Satya Wacana LBC Angsapura Salatiga, Garuda bahkan mampu bertahan sehingga Respati Ragil dan kawan-kawan hanya bisa mencetak 48 poin. Garuda menang 83-48.

Kuarter pertama dibuka oleh sebuah aksi spektakuler dari rookie Satya Wacana, Yoppi Giay. Giay yang membawa bola sendiri dengan berani menembus pertahanan Garuda yang diisi tiga pemain. Fadlan Minallah yang berada di jalur yang akan dilewati Yoppi hanya bisa terdiam ketika forward Satya Wacana tersebut melakukan elevasi dan melepaskan sebuah slam dunk.

Slam dunk Yoppi seperti membangunkan para pemain Garuda. Pertahanan Garuda langsung rapat dan tidak meninggalkan celah lagi bagi usaha-usaha penetrasi Satya Wacana. Saat menyerang, Garuda menumpukan usaha pada duet bigman Vinton Nolland dan Hendrik Agustinus. Kedua pemain ini dominan dan masing-masing mencetak lima angka untuk membawa Garuda unggul 21-14 di kuarter pertama.

Garuda mulai menambahkan tembakan-tembakan jauh di kuarter kedua. Diftha Pratama pada kuarter ini bermain sangat lepas dan mampu memasukkan satu dari dua tembakan tiga angkanya. Serangan-serangan Satya Wacana sendiri tetap agresif. Untuk mengakali pertahanan ketat Garuda, para pemain Satya Wacana baru melepaskan tembakan pada posisi-posisi open shot. Usaha ini membuahkan hasil baik. Walau tidak mencetak sebanyak Garuda, Satya Wacana mampu menambah 15 poin.

Point guard lincah Satya Wacana, Budi Sucipto mampu memberi masalah yang signifikan bagi pertahanan Garuda. Sulit menempel ketat pemain lincah ini. Budi beberapa kali mampu mengecoh pertahanan Garuda dengan kecepatan penetrasi dan tembakan tiga angka yang mengejutkan. Ditambah aksi Eko Nasution yang bernyali di bawah ring, Satya Wacana mengimbangi permainan Garuda di kuarter ketiga, 17-15. Satya Wacana hanya tertinggal dua angka.

Ketatnya pertahanan Garuda mencapai puncaknya di kuarter terakhir. Satu-satunya pemain Satya Wacana yang mampu mencetak poin hanya Luthfianes Gunawan. Dua di antaranya pun hanya datang dari tembakan bebas. Sementara itu, Garuda terus melaju menambah hingga 24 poin.

Dua pemain Garuda menjadi pencetak angka terbanyak dengan masing-masing 17 poin. Mereka adalah Vinton Nolland dan Fadlan Minallah. Vinton bahkan mengumpulkan poinnya dengan akurasi 100 persen. Pada kubu Satya Wacana, Yo Sua terbanyak dengan hanya 10 poin. (mb)

sumber :nblindonesia.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s